LAPORAN KEGIATAN MAJELIS ULAMA INDONESIA

KAB. MANDAILING NATAL

TAHUN 2012

 

A.     PENDAHULUAN

Majelis Ulama Indonesia (MUI) adalah merupakan wadah musyawarah para ulama, zu’ama dan cendikiawan muslim serta sebagai wadah yang mewakili ummat Islam dalam hubungan dan konsultasi antar ummat beragama serta sebagai institusi pemberi fatwa, hukum kepada ummat Islam dan pemerintah untuk mengayomi ummat dalam mengembangkan kehidupan yang Islami guna mewujudkan masyarakat yang berkualitas (khaira ummah), negara yang aman, damai, adil dan makmur rohaniah dan jasmaniah yang diridhoi Allah Swt (Baldatun toyyibatun warabbun ghafur).

Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (DP MUI) Kab. Mandailing Natal masa khidmat 2011 – 2016 terbentuk sebagai hasil dari Musyawarah Daerah (MUSDA) III yang dilaksanakan pada tanggal 25 Mei 2011 di Panyabungan. Pengurus DP MUI Kab. Mandailing Natal masa khidmat 2011-2016 berdasarkan Surat Keputusan Dewan Pimpinan Majelsi Ulama Indonesia (DP MUI) Prov. Sumatera Utara nomor : A.170/DP PII/SR/VII/2011.

Alhamdulillah dengan adanya dukungan dana APBD Kab. Mandailing Natal tahun anggaran 2012, DP MUI Kab. Mandailing Natal telah melaksanakan beberapa program kegiatan MUI dalam rangka perwujudan peran dan fungsi MUI bagi pengembangan dakwah Islam dan pembinaan ummat.

 B.   KEGIATAN YANG DILAKSANAKAN

    1. 1.   Bidang Manajemen Organisasi
      1. a.    Rapat Pengurus Berkala

Rapat pengurus dilaksanakan sekali sebulan bertempat d Aula Kantor Sekretariat MUI dihadiri Dewan Pimpinan MUI terdiri dari unsur ketua, unsur sekretaris, bendahara dan komisi sebanyak 25 orang.

Rapat Pengurus Berkala ini bertujuan :

a).  Menyusun program kerja dan kegiatan-kegiatan MUI

b). Saling tukar menukar informasi perihal tugas dan fungsi MUI antar sesama pengurus.

c). Memberikan sumbangan pemikiran dan solusi atas permasalahan-permasalahan keummat yang terjadi Mandailing Natal, antara lain tentang penyimpangan pengajian di Panyabungan, dll.

d). Memberikan motifasi bagi para pengurus untuk melaksanakan tugas keummatan yang berada dalam wadah MUI.

 

  1. b.   Rapat Kordinasi dengan Ketua MUI Kecamatan se Kab. Mandailing Natal pada tanggal 9 Juli 2012 bertempat di Aula MUI Kab. Mandailing Natal.

 

  1. c.    Koordinasi Eksternal

a).  Melakukan audiensi untuk berkonsultasi dengan Bupati dalam rangka memberikan sumbangan pemikiran untuk pembinaan ummat Mandailing Natal dilaksanakan antara lain : 12 Januari 2012 (di ruang kerja Bupati).

b). Koordinasi dengan MUI Provinsi dalam rangka konsultasi penangan pengajian menyimpang.

c). Koordinasi dengan Kadis Keuangan tentang pelaksanaan anggaran MUI.

d). Koordinasi dengan Kapolres Mandailing Natal yang dilaksanakan pada tanggal 25 April 2012 tentang Dugaan Sesat Pengajian yang diasuh H. Mahmuddin Rangkuti.

e).  Rapat Kordinasi dengan  Kajari di Kejari Panyabungan pada tanggal 4 Juli 2012 dan tanggal 9 Oktober 2012, hadir antara lain Kadis Pendidikan, Kadisporabudpar, yang Mewakili Kakan Kesbang Linmas dan Jajaran Kajari dalam rangka pembahasan pengajian menyimpang.

f).  Menerima audiensi jajaran Manajemen PT. Sorik Mas Mining sehubungan rencana pelaksanaan Seminar Sehari oleh PT. Sorik Mas Mining.

g). Menerima audiensi pengurus HMI Kab. Mandailing Natal di Kantor MUI pada tanggal 18 Oktober 2012, diterima oleh Sekretaris Umum.

h). Menghadiri undangan dinas instansi antara lain :

1). Menghadiri pelantikan BEM STAIM.

2). Menghadiri festival seni budaya daerah.

3). Menghadiri penyambutan Gubernur Sumatera Utara di Pendopo Rumah Dinas.

4). Menghadiri Sidang Paripurna DPRD Mandailing Natal tentang Perayaan HUT Madina ke-13 tanggal 9 Maret 2012.

5). Menghadiri Dzikir dan Doa di Masjid Agung Nur ‘Ala Nur dalam rangka Perayaan HUT Madina ke-13 tanggal 9 Maret 2012.

6). Memimpin doa pada pembukaan MTQ tingkat Kab. Mandailing Natal di Malintang pada tanggal 26 Maret 2012.

7). Memimpin doa pada acara pelantikan HIPMI Kab. Mandailing Natal di Malintang pada tanggal 16 April 2012.

8). Menghadiri peresmian Kantor KUA Kec. Panyabungan Timur pada tanggal 25 April 2012.

9). Menghadiri acara penamatan santri Pondok Pesantren B’tsatul Islamiyah Simpang Suga pada tanggal 10 Juni 2012.

10). Menghadiri acara penamatan santri Pondok Pesantren Musthafawiyah Purbabaru, pada tanggal 13 Juni 2012.

11). Menghadiri acara penamatan santri Pondok Pesantren Roihannul Jannah Maga pada tanggal 20 Juni 2012.

12). Menghadiri perayaan Israk Mi’raj sekaligus pemusnaah barang bukti ganja di Polres Madina pada tanggal 12 Juli 2012.

13) Memberikan bimbingan pada acara manasik haji akbar yang diselenggarakan Pemkab Madina bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama Kab. Mandailing Natal pada tanggal 14 Juli 2012.

14) Menghadiri Harlah NU di Gedung Serbaguna Panyabungan pada tanggal 16 Juli 2012.

15). Menghadiri peringatan Nuzulul Quran di Masjid Agung Nur ‘Ala Nur Panyabungan pada tanggal 17 Ramadhan 1433H.

16). Menghadiri undangan mendengarkan pidato kenegaraan di ruang rapat paripurna DPRD Mandailing Natal pada tanggal 17 Agustus 2012

17). Menghadiri pengajian akbar Muhammadiyah sekaligus peletakan batu pertama pembangunan Gedung Dakwah Muhammadiyah Kab. Mandailing Natal

18). Menghadiri acara penanda tanganan Kerjasama MoU antara Ka. LAPAS Kls. II Panyabungan dengan CV. Kampoeng Kaos, dihadiri Sekretaris Umum

19). Menghadiri pengukuhan Pengurus FKUB Kab. Mandailing Natal priode 2012-2017 di Hotel Rindang Panyabungan pada tanggal 30 Oktober 2012 yang dihadiri Ketua FKUB Prov. SU Dr. H. Maratua Simanjuntak dan Bupati Madina HM. Hidayat Batubara, SE.

20). Menghadiri peringatan 100 Tahun Pondok Pesantren Musthafawiyah Purbabaru tanggal 12 Desember 2012 di Purbabaru.

21. Menghadiri sekaligus memimpin doa pada acara Pekan Olahraga Pondok Pesantren Daerah (POSPEDA) Kemenag pada tanggal 14 Desember 2012 di Gedung Serbaguna Pemkab Madina Panyabungan.

                 

  1. d.    Penataan Administrasi Kesekretariatan
  • Pengecatan Kantor Sekretariat.
  • Pencetakan Kartu Identitas Pengurus MUI.
  • Pembuatan Papan Informasi, Jadwal Kegiatan MUI dan Foto Dokumentasi Kegiatan MUI.
  • Mengelola Blog MUI sebagai sarana informasi, publikasi dan dakwah.
  • Pendataan (Pembuatan Peta Dakwah).

 

  1. e.   Mengikuti Kegiatan Pelatihan dan Rapat di tingkat propinsi dan nasional, antara lain adalah :

–       Pertemuan Ijtima’ Ulama MUI se Indonesia di Situbondo Jawa Timur pada tanggal 10 Oktober 2012, dihadiri Ketua Umum MUI Madina Drs. H. Syamsir

–      Rapat Kordinasi Komisi Pemberdayaan Perempuan se Sumatera Utara di Medan pada tanggal 22 s/d 24 Mei 2012 di Medan.

–      Rapat Kordinasi Komisi Ukhuwah dan Kerukunan Ummat Beragama se Sumatera Utara di Medan pada tanggal 9 Nopember 2012 di Medan

–      Rapat Kordinasi MUI Se Sumatera Utara tanggal 18 Desember 2012

–      Menghadiri muzakarah khusus MUI Provsu di Medan.

–      Menghadiri kegiatan Penyuluhan Perwakafan Badan Wakaf Indonesia Sumatera Utara di Medan pada tanggal 20 – 21 Nopember 2012

 

 

  1. f.     Melayani Konsultasi Permasalahan Hukum Syariat Islam dan Keagamaan di Kantor Sekretariat MUI.

 

  1. 2.   Bidang Dakwah
    1. Melaksanakan Kegiatan Silaturrahim Ulama se Mandailing Natal sekaligus Seminar Sehari dengan tema : Membentengi Akidah Ummat dari Ajaran Menyimpang, dengan narasumber Prof. DR. H. Ramli Abdul Wahid, MA, Guru Besar Fakultas Ushuluddin IAIN Sumatera Utara Medan pada tanggal 26 September 2012 bertempat di Masjid Agung Nur ‘Ala Nur Panyabungan.
    2. Menerima kunjungan DP MUI Provsu di Hotel Rindang Panyabungan pada tanggal 30 Oktober 2012 dalam rangka silaturrahim sekaligus sosialisai fatwa dan hasil ijtima’ MUI. Dari MUI Provsu hadir Ketua Umum Prof. Dr. H. Abdullahsyah, MA, Sekretaris Umum Prof. Dr. H. Hasan Bakti Nasution, MA, Ketua Komis Pemberdayaan Ekonomi Ummat Dr. H. Maslin Batubara, Ketua Komisi Ukhuwah dan KUB Dr. H. Maratua Simanjuntak dan Sekretaris Komisi Fatwa Dr. Ardiansyah, MA. Juga turut dihadiri Bupati Madina HM. Hidayat Batubara, SE dan Sekda Madina M. Daud Batubara, S.Sos, MSi seluruh jajaran pengurus MUI dan Kemenag Kab. Mandailing Natal
    3. Melaksanakan Perayaan Hari Besar Islam dimeriahkan dengan Musabaqah Tahfizhul Quran dan Syarhil Quran di Masjid Agung Nur ‘Ala Nur Panyabungan pada tanggal 21 Nopember 2012, dihadiri Wakil Bupati Madina. Selain itu juga membuat spanduk Tahun Baru 1434 hijriah di beberapa titik strategis.
    4. Muzakarah bulanan setiap awal bulan, dengan mengundang seluruh pegawai pada semua SKPD Pemkab Mandailing Natal dan Kantor Kementerian Agama Kab. Mandailing Natal, di asuh oleh Ust. Drs. H. Syamsir dan H. Mahmuddin Pasaribu.
    5. Menerbitkan dan menyebarluaskan buletin dakwah MUI.
    6. Mengikuti kegiatan muzakarah yang diselenggarakan MUI Propinsi di Medan.
    7. Safari Dakwah pada bulan ramadhan ke beberapa kecamatan se Kab. Mandailing Natal, antara lain Panyabungan Barat, dll
    8. Kunjungan dakwah ke kecamatan untuk pembinaan MUI Kecamatan se kab. Mandailing Natal.
    9. Menghadiri Tabligh Akbar dalam rangka peringatan Maulid Nabi Saw di Manisak Kec. Ranto Baek sekaligus Ketua Umum MUI menjadi Narasumber.
    10. Menghadiri Tabligh Akbar dalam rangka peringatan Maulid Nabi Saw di Kec. Ulu Pungkut sekaligus Ketua Komisi Dakwah MUI menjadi Narasumber.
    11. Menghadiri Tabligh Akbar dalam rangka peringatan Maulid Nabi Saw di Sibanggor Kec. Puncak Sorik Marapi sekaligus Ketua Komisi Dakwah MUI menjadi Narasumber.
    12. Menghadiri Tabligh Akbar dalam rangka peringatan Maulid Nabi Saw di Panyabungan sekaligus Ketua Komisi Ukhuwah dan Kerukunan Ummat Beragama MUI menjadi Narasumber/penceramah.
    13. Menghadiri Tabligh Akbar dalam rangka peringatan Maulid Nabi Saw di Kecamatan Bukit Malintang sekaligus Wakil Ketua Komisi Pendidikan MUI menjadi Narasumber/penceramah, turut hadir Ketua Umum MUI.
    14. Menghadiri Tabligh Akbar dalam rangka peringatan Halal Bi Halal di Kecamatan Sinunukan sekaligus Anggota Komisi Dakwah MUI Khalid, S.HI menjadi Narasumber/penceramah, turut hadir Ketua Umum MUI.  
    15. Menghadiri Kegiatan Workshop Pandai Tulis Baca Alquran Metode al Hira di Hotel Rindang, tanggal 7 Maret 2012, narasumber Dr. H. M. Roihan Nasution, Lc dari IAIN SU Medan, Ketua Umum memberikan sambutan, acara ini juga dihadiri Bupati.
    16. Mendorong Pemkab Mandailing Natal untuk memberantas penyakit masyarakat misalnya menyurati Bupati Madina agar menutup Cafe di Desa Simanondong Kec. Panyabungan Utara, dll.
    17. Inspeksi Mendadak bersama Polres Madina dan Satpol PP ke beberapa tempat maksiat di Panyabungan tanggal 20 Maret 2012.
    18. Melaksanakan muzakarah khusus dan rapat-rapat pengurus dalam rangka pembahasan dugaan penyimpangan pengajian (Majelis Ta’lim Surya al Muttaqin).
    19. Mengeluarkan fatwa MUI Madina No. 1 Tahun 2012 tentang Ajaran yang Disampaikan H. Mahmuddin Rangkuti mengenai adanya nama Tuhan selain Allah, adanya keyakinan bahwa gambar seseorang dapat memberikan manfaat atau mudharat, adanya lukisan Nabi Muhammad Saw dan adanya amalan yang disebut Qulhuallah Sungsang.
    20. Melakukan Sosialiasi fatrwa No. 1 Tahun 2012 melalui KUA Kecamatan dan MUI Kecamatan se Kab. Mandailing Natal.
    21. Menjadi Narasumber pada acara pembinaan imam khatib se Kab. Mandailing Natal di Kantor MUI pada tanggal 14 Mei 2012
    22. Pembinaan bagi Amil Zakat se Kab. Mandailing Natal di Aula MUI Kab. Mandailing Natal pada tanggal 9 Juli 2012, narasumber Ketua Umum Drs. H. Syamsir.
    23. Menjadi narasumber pada acara pembinaan tentang Zakat Fitrah di Kec. Puncak Sorik Marapi pada tanggal 31 Juli 2012, yang diwakil oleh H. Maratua, Lc, MA, anggota Komisi Fatwa MUI Madina.
    24. Menjadi narasumber pada acara pembinaan Imam Khatib Kantor Kementerian Agama Kab. Mandailing Natal pada tanggal 29 Oktober 2012.
    25. Menjadi narasumber pada acara Nazir Masjid Kantor Kementerian Agama Kab. Mandailing Natal pada tanggal 30 Oktober 2012.
    26. Pembinaan Nazir Masjid di Aula Kantor Camat Panyabungan Barat, hadir camat Panyabungan Barat dan Kakan Kemenag, Sekretaris Umum MUI, narasumber H. Syariful Mahya, Lc

 

  1. 3.   Bidang Hukum

Kegiatan Bidang Hukum yang telah dilaksanakan adalah :

  1. Penyuluhan Hukum Islam, Hukum Perkawinan dan Kompilasi Hukum Islam, dilaksanakan pada tanggal 9 Juli 2012, dengan narasumber Drs. Buriantoni, SH, MH dari Pengadilan Agama Panyabungan yang juga Ketua Komisi Hukum MUI Kab. Mandailing Natal.
  2. Menghadiri kegiatan pemusnahan ganja oleh Polres Mandailing Natal pada tanggal 12 Januari 2012, diwakili oleh Drs. Mhd. Yasid, Ketua Komisi Dakwah.

 

  1. 4.   Bidang Ukhuwah,  Kerukunan dan Pembinaan Keluarga Sakinah
    1. Melaksanakan kegiatan Aksi Solidaritas untuk Muslim Palestina di Masjid Agung Nur ‘Ala Nur Panyabungan sekaligus penggalangan dana.
    2. Menerbitkan khutbah jumat tentang Solidaritas Palestina dan menghimbau agar nazir masjid se Kab. Mandailing Natal membacakan khutbah secara serentak pada tanggal 7 Desember 2012, dilanjutkan qunut nazilah dan penggalangan dana di kecamatan masing-masing. Telah terhimpun dana lebih dari Rp. 27.000.000,- untuk disalurkan kepada muslim di Palestina. Di masjid Agung Panyabungan, khutbah Palestina disampaikan khatib Ust. H. Riadi Husnan, Lc yang juga anggota DPRD Mandailing Natal.
    3. Melaksanakan Kegiatan Sosialiasi Pangan Halal, Jajanan Kosmetika Sehat, Kesehatan Reproduksi dan Keluarga Sakinah di Hotel Rindang Panyabungan, narasumber Dr. H. Syafii Siregar, S.POG dan H. Mahmuddin Pasaribu

 

  1. 5.   Bidang Amaliah Sosial
    1. Mendorong pemberantasan penyakit-penyakit masyarakat seperti judi, prostitusi, dan minuman keras serta narkoba. MUI menerima setiap pengaduan-pengaduan masyarakat, baik lisan maupun tulisan, kemudian menindaklanjuti pengaduan tersebut dengan menyurati pihak berwenang untuk melakukan tindakan penanganan seperti dugaan praktek pelacuran di beberapa lokasi.
    2. Membuat dan menyebarluaskan himbauan tertulis, dalam rangka menyambut Ramadhan 1434H, turut menghimbau Bupati, Kapolres dan Kakan Kemenag Mandailing Natal.

 

  1. C.   KENDALA YANG DIHADAPI
  2. Sarana transportasi (mobil dinas) kondisinya kurang layak untuk digunakan menjangkau medan dakwah Mandailing Natal, kiranya mendesak untuk diganti dengan yang lebih baik.
  3. Sebagian besar pengurus adalah para ulama yang mengajar di pondok pesantren dan madrasah, yang sehari-hari disibukkan dengan aktifitas mengajar ditambah lagi dengan kesibukan mencari nafkah sehingga sulit bagi mereka membagi waktu untuk keperluan MUI seperti rapat-rapat dan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan sering tidak bisa dihadiri.
  4. Sumber dana masih tergantung kepada APBD yang birokrasinya cukup pelik. Apalagi untuk pencairan awal tahun sering terlambat, diharapkan MUI memiliki sumber dana dari usaha sendiri untuk membiayai operasionalisasi organisasi kedepan.

 

 

  1. D.   PENUTUP

Demikianlah laporan ini dibuat dan disampaikan, DP MUI sangat mengharapkan masukan-masukan positif dari semua pihak untuk peningkatan peran dan fungsi organisasi MUI agar keberadaannya lebih terasa manfaatnya bagi ummat Islam Mandailing Natal di masa yang akan datang.

Panyabungan,         Januari 2013

Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia Kab. Mandailing Natal

Ketua Umum,                            Sekretaris Umum,

 

 

 

Drs. H. Syamsir                            Ahmad Asrin, S.Ag, MA