LAPORAN KEGIATAN MAJELIS ULAMA INDONESIA

KAB. MANDAILING NATAL

TAHUN 2011

 

 

KEGIATAN YANG DILAKSANAKAN

1.   Bidang Manajemen Organisasi

a.    Pelaksanaan MUSDA III (25 Me1 2011)
b.   Penataan Administrasi Kesekretariatan

  • Pengecatan Kantor Sekretariat
  • Pengadaan kelengkapan meubler kantor sekretariat, antara lain meja dan kursi ketua umum, sofa di ruangan ketua umum, karpet lantai ruangng ketua, kipas angin di ruang ketua, ruang sidang dan aula, plank merk MUI, tiang bendera, kursi besi besi lipat, kursi plastik, seperangkat komputer, lemari arsip dan lemari buku, sound syistem, jerejak, foto dokumentasi dan foto-foto ketua MUI, jam dinding, papan struktur organisasi, dll.
  • Pembenahan perangkat administrasi seperti buku ekspedisi, buku agenda surat, file surat masuk keluar, file dokumen, dll termasuk MUI Kecamaan se Kabupaten.
  • Penataan lingkungan kantor sekretariat, taman, dll.

c.    Mengikuti Kegiatan Pelatihan dan Rapat di tingkat Propinsi, antara lain adalah Rapat Kordinasi Daerah (RAKORDA) MUI se Sumatera Wilayah I yang dilaksanakan di Medan pada tanggal 10 s/d 12 yang dihadiri oleh DP MUI Propinsi Sumatera Utara, Nanggroe Aceh Daarussalam, Sumatera Barat, Riau dan Kepulauan Riau. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekretaris Umum MUI Pusat, dan DP MUI Kabupaten/kota se Sumatera Utara.
d.    Melaksanakan Rapat-rapat pengurus dalam rangka membahas masalah-masalah aktual yang berkembang di tengah masyarakat seperti perkembangan judi, prostitusi, pengajian dan aliran yang diduga menyimpang, penetapan program kerja, peningkatan manajemen MUI, dll.
e.    Melayani Konsultasi Permasalahan Hukum Syariat Islam dan Keagamaan di Kantor Sekretariat MUI.
f.     Melaksanakan Audiensi dengan Bupati Mandailing Natal Pasca MUSDA III (Perkenalan Pengurus DP MUI yang terbentuk)

2.   Bidang Dakwah
a.    Muzakarah bulanan setiap awal bulan.
b.   Mengikuti kegiatan muzakarah yang diselenggarakan MUI Propinsi di Medan
c.    Safari Dakwah pada bulan ramadhan ke beberapa kecamatan se Kab. Mandailing Natal
d.    Kunjungan dakwah ke kecamatan untuk pembinaan MUI Kecamatan se kab. Mandailing Natal.
3.   Bidang Hukum
Kegiatan Bidang Hukum yang telah dilaksanakan adalah Penyuluhan Hukum Islam, Hukum Perkawinan dan Kompilasi Hukum Islam, yang telah dilaksanakan sebanyak dua kali sepanjang tahun 2011.
4.   Bidang Ukhuwah dan Kerukunan

  1. Kegiatan Bidang Pembinaan Ukhuwah dan Kerukunan diantaranya adalah kegiatan Pembinaan Tokoh Agama Dalam Rangka Peningkatan Ukhuwah dan Kerukunan Antar Ummat Beragama, yang dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 2011 bertempat di Aula Kantor Camat Natal, dihadiri oleh pengurus MUI Kecamatan khususnya wilayah pantai barat, tokoh agama dan tokoh masyarakat.
  2. 5. Bidang Amaliah Sosial
  3. a.    Sosialisasi tentang pengelolaan zakat (fitrah) dan penyelenggaraan jenazah bagi ummat Islam di seluruh kecamatan, sekaligus membagikan buku Pedoman Zakat dan Pedoman Penyelenggaraan jenazah yang diterbitkan oleh MUI Kab. Mandailing Natal.
    b.   Mendorong pemberantasan penyakit-penyakit masyarakat seperti judi, prostitusi, dan minuman keras serta narkoba. MUI menerima setiap pengaduan-pengaduan masyarakat, baik lisan maupun tulisan, kemudian menindaklanjuti pengaduan tersebut dengan menyurati pihak berwenang untuk melakukan tindakan penanganan seperti dugaan praktek pelacuran di Desa Simanondong, Huta dame, Batang Natal, Natal, Panyabungan, dll.

Demikian, dilaporkan dari Sekretariat MUI Madina Panyabungan